PERBEDAAN TRANSFER ON LINE, KLIRING (LGG/SKN) DAN RTGS

unnamed

Pagi ini kebetulan saya berencana untuk transfer uang melalui mesin ATM dekat rumah, akan tetapi setelah sampai mesin ATM tertulis bahwa sedang dalam proses administrasi alias Off Line. Alhasil saya pulang ke rumah tanpa berhasil melakukan rencana saya. sampai dirumah, terpikir untuk mentransfer uang menggunakan aplikasi Mobile Banking. Setelah saya buka aplikasinya, agak bingung juga karena biasanya saya hanya transfer untuk sesama bank. Kali ini harus transfer ke Bank yang berbeda, BCA yang bukan merupakan anggota ATM Bersama. Di menu “transfer” ada beberapa pilihan yaitu on line, SKN dan RTGS. Akhirnya saya putuskan untuk membuka situs Bank Mandiri untuk memperjelas fitur layanan tersebut. Pada awalnya saya berfikir tidak akan bisa mentransfer ke BCA menggunakan mobile banking, tetapi di daftar Bank penyedia layanan, malah BCA berada di urutan teratas. Dan berikut perbedaan singkat antara transfer online, SKN maupun RTGS

  • Transfer online digunakan untuk melakukan transfer dari Bank Mandiri ke rekening bank yang tergabung dalam anggota ATM Bersama, seperti Bank BRI, CIMB Niaga, OCBC NISP, Permata Bank, Standard Chartered, BRI Syariah, HSBC, Citibank, Danamon, BII, Commonwealth, Bukopin, Bank Mega, Panin, BTN, termasuk juga bank-bank daerah (BJB, Jatim, dll). Total ada 79 bank. dan juga BCA yang termasuk dalam jaringan ATM Prima.
    Karena sistem antar bank nya terintegrasi, waktu transfer untuk sampai ke rekening tujuan adalah realtime online, atau langsung masuk saat itu juga.
    Biaya transfer Rp 5000  dan batas transaksi maksimal Rp 25juta per-hari.
  • Kliring (juga disebut LLG atau SKN) digunakan untuk transfer ke semua rekening bank nasional, termasuk Jaringan ATM Prima (BCA salah satunya) dan Jaringan ATM Bersama.
    Waktu transfer 2-3 hari kerja, tapi menurut pengalaman bisa hanya dalam satu hari jika transfernya pagi hari sebelum jam 11.
    Biaya transfer Rp 5000 dan batas transaksi maksimal  Rp.99.999.999 per-hari
  • RTGS (Real-Time Gross Settlement) sama seperti kliring, namun waktu pengiriman lebih cepat sampai, sekitar 1-3 jam di hari yang sama setelah transfer. Berdasar pengalaman malah pernah di hari berikutnya dana baru terkirim ke rekening tujuan. Biaya transfer Rp. 15.000

Nah demikian tadi penjelasan singkat mengenai perbedaan Transfer antar Bank, semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar